Simak! Ini Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat CV Lamaran Kerja
Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Simak! Ini Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar – Curriculum Vitae alias CV Lamaran Kerja adalah syarat utama untuk melamar pekerjaan. Hanya dengan melihat CV-nya, perusahaan dapat mengetahui bahwa pelamar layak untuk direkrut. Jadi ada baiknya untuk mengetahui cara membuat CV yang menarik dan benar agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, dibutuhkan waktu sekitar 6 detik bagi perekrut atau perekrut untuk mengecek sebuah CV Lamaran Kerja. Sangat singkat, bukan? Apalagi jika perusahaan yang Anda lamar cukup terkenal, memberikan gaji yang besar, dan banyak keuntungan menarik seperti bonus atau asuransi. Jangan abaikan pertanggungan asuransi kesehatan, karena poin-poin tersebut penting untuk memastikan Anda bisa mendapatkan perawatan kesehatan terbaik di rumah sakit tanpa dibebani tagihan mahal.

Nah, jika waktu yang dihabiskan untuk mengecek CV lebih dari 6 detik, itu tandanya sang perekrut sudah menunjukkan ketertarikan pada pelamar atau pencari kerja tersebut. Nah, di sini sepertinya CV tersebut menentukan apakah seseorang bisa diterima atau ditolak oleh sebuah lamaran.

Oleh karena itu, setiap pelamar perlu mengetahui cara membuat CV serta mengetahui contoh CV yang baik dan benar. Apalagi secara tidak langsung CV merupakan cerminan apakah Anda tampil profesional atau tidak.

Nah, pada review kali ini, Lifepal ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat dokumen untuk melamar pekerjaan yang menarik. Pasalnya, untuk memenangkan suatu persaingan kerja, dibutuhkan persiapan yang sangat matang, termasuk mempersiapkan CV. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita simak cara membuat CV.

Cara membuat CV Lamaran Kerja yang menarik untuk pemula

Cara membuat CV yang menarik dan bagus bukan berarti isinya dimuat di halaman kertas. Satu hal yang perlu Anda ketahui, CV yang dibuat dalam halaman tidak akan menjadikan Anda pelamar super. Sebaliknya, perekrut cenderung mengabaikan CV model.

Lalu bagaimana caranya membuat CV yang bagus sesuai kriteria perekrut? Sebenarnya dalam membuat CV informasi yang harus disajikan tidak membutuhkan banyak informasi. Berikut ini adalah informasi penting yang perlu tersedia dan bagaimana menempatkannya.

1. Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email dan posisinya di Header CV Lamaran Kerja atau di atas

Dalam CV, informasi pribadi adalah wajib. Tidak harus panjang dan detail, Anda hanya perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, dan email.

  • Letakkan informasi pribadi di bagian atas header CV atau CV. Karena informasi ini akan dilihat lebih dulu oleh perekrut.
  • Perhatikan ukuran font pada namanya. Normalnya, ukuran font untuk nama itu harus lebih besar dari teks lainnya.
  • Dalam menulis informasi pribadi ini, Anda harus menempatkan nama Anda di posisi teratas. Kemudian di bagian bawahnya ditulis alamat Alamat Anda. Di bawahnya ada nomor telepon lain. Lantas di bawahnya lagi isilah dengan email.

2. Tulis Tujuan CV Lamaran Kerja atau Ringkasan CV dan letakkan di bawah informasi pribadi

Secara umum, CV objektif atau ringkasan CV berisi perjalanan karir. Namun, karena Anda masih pemula dalam cara membuat CV Lamaran Kerja, ringkasan perjalanan karier Anda bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan Anda.

Misalnya, Anda ceritakan tentang jurusan yang Anda ambil selama pendidikan Anda. Lalu berapa lama pendidikannya. Lalu apa yang Anda dapatkan selama menjalani pendidikan? Tulis semuanya dalam satu paragraf dan tiga baris.

3. Memiliki pengalaman kerja? Cantumkan saja meski sebatas magang asalkan masih terkait dengan pendidikan yang dijalani

Bukan rahasia lagi jika beberapa perusahaan melihat pengalaman kerja anda sebagai bahan pertimbangan mereka dalam memberikan undangan wawancara. Oleh karena itu, salah satu cara membuat CV Lamaran Kerja atau Curriculum Vitae yang tepat adalah dengan memastikan bahwa pengalaman kerja benar-benar tertulis.

Bagi yang masih fresh graduate, Anda juga bisa memasukkan pengalaman anda sewaktu praktek kerja atau pekerjaan lain selama ada kaitannya dengan pendidikan yang diambil.

Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir ditempatkan lebih dulu. Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama bekerja. Jangan sampai ada yang terlewat dalam memuat informasi ini.

4. Catat pendidikan yang pernah dijalani, terutama perguruan tinggi jika ada dan tempatkan di bawah pengalaman kerja

Dalam kasus informasi penting, itu harus menjadi informasi penting. Beberapa hal yang wajib Anda sertakan dalam latar belakang pendidikan Anda, yaitu:

  • Nama universitas atau sekolah.
  • Lama pendidikan.
  • Jurusan diambil.
  • Grade Point Average (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN).

Menulisnya dengan latar belakang pendidikan saja sudah lebih dari cukup. Dengan begitu, Anda perlu membuat CV lebih dari satu lembar agar bisa memuat informasi tentang pendidikan Anda.

5. Setelah pendidikan, isilah dengan kemampuan atau keterampilan yang Anda kuasai

Walaupun Anda memiliki banyak kemampuan, bukan berarti Anda harus melakukannya. Ada hak properti atau keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang ingin Anda temukan.

Lantas bagaimana cara membuat CV secara acak sesuai lowongan kerja yang dilamar?

  • Ketahui pekerjaan apa yang ingin Anda dapatkan dan keterampilan apa yang dibutuhkan pekerjaan itu. Misalnya, pekerjaan yang Anda lamar adalah Desain Grafis. Termasuk kemampuan Anda untuk mengoperasikan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dll.
  • Masukkan keterampilan memasukkan keterampilan yang dapat dilakukan siapa saja. Misalnya gunakan saja Ms. Word.

6. Jika dipandang perlu, dapat juga memasukkan informasi tambahan seperti minat, prestasi, dan pengalaman organisasi

Informasi ini sebenarnya hanyalah informasi tambahan. Butuh info siapa yang butuh informasi ini.

Keenam poin di atas merupakan contoh pendukung CV yang baik dan benar sebagai ilustrasi untuk Anda. Meski begitu, ternyata ada juga perekrut yang sangat memperhatikan poin-poin tersebut. Mereka akan memberi Anda nilai tambah di mata perekrut.

Baca Juga : Lowongan Kerja SMA / SMK

Jenis-jenis CV Lamaran Kerja

Ada 3 jenis CV yang bisa Anda buat berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda, diantaranya sebagai berikut.

1. CV Lamaran Kerja untuk lulusan SMA atau SMK

Sesuai dengan namanya, CV ini khusus dibuat oleh anda yang memiliki pendidikan terakhir jenjang SMA atau SMK. Beberapa hal yang wajib dicantumkan di CV, berikut informasinya.

  1. Informasi diri
  2. latar belakang pendidikan
  3. Penghargaan atau prestasi
  4. Pengalaman organisasi selama sekolah
  5. Hasil akhir
  6. Referensi

Itulah beberapa informasi yang wajib Anda sertakan para pembela HAM yang bisa dianggap sebagai kandidat yang memenuhi syarat.

2. CV Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Selanjutnya ada tipe CV yang diperuntukkan bagi Fresh Graduate. Tulisan ini merupakan salah satu yang paling banyak diterima oleh perusahaan karena cukup banyak lulusan baru dari Perguruan Tinggi yang datang setiap tahunnya. Beberapa informasi yang wajib Anda miliki dalam CV ini adalah:

  1. Informasi diri
  2. latar belakang pendidikan
  3. Pengalaman magang
  4. Pengalaman organisasi
  5. Penghargaan atau prestasi
  6. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  7. Karya Ilmiah, Tesis atau Tesis
  8. Kemampuan tambahan

Kedelapan hal tersebut merupakan informasi yang wajib Anda masukkan ke dalam CV jika ingin dipanggil oleh HRD.

3. CV Lamaran Kerja untuk pekerja berpengalaman atau profesional

Jenis CV Lamaran Kerja terakhir dibuat oleh pekerja yang sudah memiliki jam terbang tinggi di dunia profesional. Beberapa hal yang biasa ditemukan di CV Lamaran Kerja pekerja profesional antara lain:

  1. Informasi diri
  2. latar belakang pendidikan
  3. Pengalaman kerja
  4. Keterampilan dan kemampuan
  5. Penghargaan atau prestasi
  6. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  7. Referensi pekerjaan

Di atas adalah beberapa jenis Curriculum Vitae atau CV Lamaran Kerja yang penting untuk Anda ketahui jenisnya.

Baca Juga : Cara Melamar Kerja Via Email

Demikian informasi yang perlu Anda ketahui tentang Cara Membuat CV Lamaran Kerja profesional yang baik dan benar. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat. CV Lamaran Kerja memang menentukan, tapi yang menentukan adalah pengalaman kerja yang Anda miliki.

Kemudian jika Anda adalah lulusan baru, nilai akademis dan pengalaman magang Anda menjadi faktor penentu bagi Anda untuk mendapatkan undangan wawancara. Semoga sederet informasi tentang cara membuat CV Lamaran Kerja offline dan online yang menarik review ini bermanfaat buat kamu ya!