Simak Ini! Cara Terbaik Melamar Pekerjaan Via Email

Nah, untuk melamar pekerjaan, tidak perlu repot datang langsung ke perusahaan binaan. Di era perkembangan teknologi sekarang ini, banyak perusahaan yang memberikan kemudahan dalam mengaplikasikannya melalui email. Tentunya cara melamar pekerjaan melalui email berbeda dengan yang biasa dilakukan.

Ada beberapa poin penting dan hal yang harus diperhatikan jika ingin melamar pekerjaan melalui email ini. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu, cara ini cocok sekali. Anda cukup melamar pekerjaan dari rumah dan dapat melamar kapan pun Anda mau.

Cara melamar pekerjaan melalui email bagi para pencari kerja berbeda-beda, ada yang hanya memasukkan CV saja tanpa menulis pesan di bagian depan surat. Lalu ada yang sudah menuliskan isi surat dan menyisipkan CV tapi lupa menyertakan berkas pendukung lainnya seperti ijazah.

Padahal, dokumen-dokumen tersebut dibutuhkan oleh HRD untuk mempertimbangkan apakah seorang kandidat memenuhi syarat untuk mengikuti proses rekrutmen atau tidak.

Lain ceritanya jika Anda melamar pekerjaan melalui situs kerja di mana semua informasi dan file pendukung telah diunggah di profil pribadi Anda saat pertama kali membuka akun.

Agar lamaran Anda bisa diterima, simak cara melamar pekerjaan melalui email berikut ini:

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sehari sebelum mengirimkan lamaran melalui email

  1. Setelah Tag, Sebelum Kotak Penulis
  2. Surat lamaran kerja yang baik dan benar dalam bahasa formal
  3. CV bagus dan menarik
  4. Pindai Ijazah
  5. Pindai Daftar Nilai
  6. Pindai KTP
  7. Foto Paspor Sesuai dengan kebutuhan Perusahaan
  8. Scan sertifikat yang dilayani oleh perusahaan seperti (Toelf, ISO, dan lain-lain)
  9. Pastikan file lampiran tidak terlalu besar
  10. Pastikan itu bukan file yang benar / asli.

Cara mengirim lamaran kerja melalui email sudah 88% berhasil. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini, kemungkinan besar lamaran pekerjaan Anda akan diterima dengan baik oleh pemberi kerja, berikut cara mengirim lamaran Anda melalui email.

Tahap persiapan pengiriman lamaran kerja melalui email

Sebelum kita mengirimkan lamaran kerja menggunakan email, ada beberapa persiapan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum mengirimkan lamaran Anda melalui email.

1. Siapkan Semua Dokumen Wajib Yang Dibutuhkan

Pastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda telah dipersiapkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan, seperti berikut ini:

  1. Foto terbaru yang rapi
  2. Scan KTP
  3. Surat lamaran
  4. CV / Curriculum Vitae
  5. Scan Ijazah Pendidikan
  6. Scan Transkrip Nilai (Daftar Nilai)
  7. Scan Sertifikat Pendukung (Toelf, Training, Work Experience)
  8. Agar cara pengiriman lamaran via email berhasil diterima oleh pihak HRD, pastikan semua file sudah di scan, usahakan agar ukuran file tidak besar dan pastikan format file sesuai dengan kebutuhan perusahaan, seperti ” .doc “,” .pdf “, atau” .jpeg “

2. Email Menggunakan Nama Lengkap

Bagi sobat yang masih menggunakan nama aslinya atau dengan tambahan kata yang tidak sesuai sebaiknya ganti email kamu mulai sekarang. Misalnya, ubah [email protected] menjadi [email protected]

Untuk mengirim email ke teman, Anda dapat menggunakan Gmail dan Yahoo. Cara mengirim lamaran lewat email lebih baik menggunakan gmail. Namun, kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar pekerjaan.

3. Pastikan Pengiriman Melalui Email Sebagai Standar

Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja melalui email, antara lain email / penerima yang dituju, CC, Subjek, Isi atau Isi Email dan Lampiran dengan benar.

Ada baiknya teman-teman mengirimkan lamaran kerja melalui email pada jam kerja, yaitu antara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentunya pastikan Anda mengirimkannya saat lowongan kerja masih ada. Ini bertujuan untuk menunjukkan kepada Anda sebagai orang yang profesional.

Tahap Pengisian data lamaran kerja melalui email

Anda bisa menggunakan smartphone maupun laptop / PC untuk mengirim aplikasi melalui email, sebelumnya pastikan Anda sudah menyiapkan file-file yang dibutuhkan perusahaan.

Berikut langkah-langkah cara mengirim lamaran melalui email:

1. Isi dan pastikan alamat email perusahaan sudah benar

Pastikan teman-teman mengecek ulang alamat email perusahaan, jangan sampai salah surat / surat yang menulis email perusahaan, karena bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim ke email perusahaan.

2. Isi dan Pastikan Subjek Email sudah Benar

Banyak lowongan kerja yang mengharuskan Anda mencantumkan posisi yang Anda lamar di subjek email.

Hal ini berguna untuk memudahkan perusahaan mengetahui email yang masuk yaitu email lamaran kerja dari pelamar kerja

Misalnya, untuk Posisi Perwakilan Layanan Pelanggan

Sahabat bisa mencantumkan PLP – Mas Bejo Rezekine di Subjek Email

Namun contoh ini tidak bisa dijadikan patokan, karena ada beberapa perusahaan yang menginginkan subjek berbeda dari biasanya, Anda harus lebih berhati-hati dalam melihat Subjek Email yang ada pada lowongan kerja.

3. Tuliskan lamaran kerja di badan Email

Tuliskan surat lamaran kerja Anda di badan email dengan lengkap dan ringkas, jangan terlalu bertele-tele dalam menulis lamaran kerja.

Teman-teman bisa menulis surat lamaran kerja dalam bentuk file .DOC kemudian memasukannya di attachment, dan bisa juga menulis surat lamaran kerja langsung di body email

Saya sangat menganjurkan untuk menulis surat lamaran kerja di body email, hal ini agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kami kirimkan, daripada harus mendownload file surat lamaran kerja dalam bentuk doc.

4. Pastikan Anda melampirkan semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan

Pastikan sobat melampirkan semua file yang sudah di scan baik itu KTP, Ijazah, Transkrip, dll. Sesuai dengan persyaratan yang disyaratkan perusahaan,

Usahakan untuk menyimpan file terlampir tidak lebih dari 2 MB. Harap diperhatikan dalam melampirkan file sobat harus lebih berhati-hati karena setiap pekerjaan berbeda dalam melampirkan file.

Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan semua file dibuat menjadi 1 file PDF, dan ada juga perusahaan yang meminta agar file tersebut digabungkan menjadi 1 berupa .RAR / .ZIP, jadi disini Anda harus lebih berhati-hati. Ikuti apa yang dibutuhkan perusahaan.

Kemudian pilih file yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, kemudian klik open.

5. Periksa kembali tujuan, isi dan lampiran email

Setelah semua sudah terisi baik itu alamat email perusahaan, subject, isi dan lampirannya harus dicek ulang semuanya, cek apakah surat lamaran sudah sesuai dengan persyaratan yang disyaratkan oleh perusahaan.

Dan yang terpenting adalah mengecek apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karena jika surat lamaran salah maka tidak akan terkirim.

6. Berdoa dan Mengirim Surat Lamaran

Setelah semuanya lengkap sesuai kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan, selanjutnya kirimkan surat lamaran kerja melalui email.

bagaimana cara mengirim lamaran melalui email

Jangan lupa berdoa agar surat lamaran dibacakan oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Contoh surat lamaran kerja via email sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya, bedanya surat lamaran dikirim melalui email.

Berikut contoh surat lamaran kerja via Email yang bisa Anda gunakan agar bisa diterima bekerja di perusahaan.

Hal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 8 Lembar

Terhormat.
Bapak / Ibu HRD PT KerjaBos Indonesia di Tempat.
Hormat kami,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari sosial media Rekrutmen website Kerjabos.com pada tanggal 07 Oktober 2020. Melalui email ini saya berniat untuk melamar kerja di PT KerjaBos Indonesia sebagai Staff CopyPaste Ajaib.

Berikut data singkat tentang diri saya:

Nama: Mas Bejo Rezekine

Tempat & Tanggal Lahir: Internet, 31 Februari 1001 Mimpi Mencari Kerja
Pendidikan akhir: Sarjana Digital Marketing
Alamat: Jl. Jalur Online, Kel. Blogger, Kabupaten KerjaBos, Prov. Portal Lowongan Kerja, Indonesia
Ponsel: 082292222743
Email: openker[email protected]

Saya dalam keadaan sehat bahkan bisa akrobat jungkir balik, memiliki penampilan yang menarik, mampu berkomunikasi dengan baik dan mampu bekerja secara individu maupun dalam tim. Saya dapat berbicara bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Dengan 2 tahun pengalaman kerja di bidang telkologi, saya dapat bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti program SAP, Microsof Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop, Saya juga memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki berpengalaman di bidang SEO (Search Engine Optimization) & SEM (Search Engine Marketing), Internet Marketing dan bisa mengetik dengan cepat. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1. Foto Paspor Berwarna
2. Curriculum Vitae (CV / Resume).
3. Pindai KTP.
4. Scan ijazah.
5. Pindai Transkrip Nilai.
6. Pindai Sertifikat Pendukung
7. Pindai Sertifikat Toelf

Demikian surat lamaran untuk pekerjaan yang saya buat ini sebenarnya. Saya sangat berharap Anda bersedia memberi saya kesempatan untuk menguji dan mewawancarai saya, sehingga saya dapat menjelaskan lebih detail tentang potensi saya. Terima kasih atas perhatian Anda.

 

Salam Hormat,

t.t.d

Mas Bejo Rezekine, ASW

 

Namun saat itu saya tidak datang untuk mengikuti tes selanjutnya karena saya berada di hutan saat tes dilakukan di Langit 1001 Mimpi karena saya tidak bisa terbang.

Begitulah cara mengirim lamaran melalui email. Ada baiknya teman-teman menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar dan formal saat mengirimkan surat lamaran kerja melalui email.

Semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari pekerjaan, dan semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang anda harapkan. Aamiin ..

Sumber informasi lowongan kerja diatas secara gratis kami peroleh dari sumber yang terpercaya sehingga kami persilahkan bagi anda yang merasa ingin untuk menyalin dan menyebarkan informasi ini, sebagai bentuk rasa terima kasih atas usaha kami ini alangkah baiknya untuk mencantumkan sumber alamat situs ini https://kerjabos.com sebagai bagian dari artikel yang anda buat.

Karena hal tersebut membantu kami untuk terus berkarya menyajikan update lowongan kerja terbaru untuk menjadikan situs ini rujukan nomer satu para pencari kerja di Indonesia dan membantu para jobseeker atau pencari kerja menemukan pekerjaan impian mereka. Kami sebagai redaksi berharap semoga anda dapat lolos seleksi penerimaan dan pada akhirnya menjadi salah satu pegawai diperusahaan atau instansi yang dimaksud.

Tidak ada ucapan dan pembalasan yang kami harapkan dari anda selain bantuan saudara untuk dapat meneruskan informasi lowongan pekerjaan ini via tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini, karena dengan hal sederhana tersebut sekecil informasi yang anda sampaikan atau anda sebarkan dapat menjadi informasi yang tak ternilai harganya bagi orang lain yang sedang membutuhkan pekerjaan yang kebetulan sesuai dengan lowongan kerja diatas ini.